-->

Tips Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami

Tipsslide - Sering kita melupakan pentingnya pola makan yang baik sehari-hari, padahal dari buruknya pola makan itulah dapat memicu terjadinya berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya yang akan kita bahas kali ini adalah naiknya kadar gula darah dalam tubuh. Berbagai gangguan kesehatan akibat dari naiknya kadar gula darah tersebut antara lain emosi yang tidak stabil, sering merasa kelelahan, bahkan juga bisa hilang kesadaran. Dan yang terparah adalah dapat terkena penyakit diabetes.

Dilansir dari healthmeup.com... Untuk menghindari naiknya kadar gula darah, beberapa tips alami berikut ini mungkin bisa jadi solusi pencegahan bagi Anda :

1. Membeli Alat Cek Kadar Gula Darah
Hal pertama yang penting Anda lakukan adalah memiliki alat monitor atau alat cek gula darah. Anda bisa membelinya di apotik atau supermarket terdekat. Tujuan Anda memiliki alat cek ini adalah untuk mengetahui dan mengontrol kadar gula Anda. Sebagai acuan dalam pemakaian alat tersebut, berikut ini adalah range normal kadar gula darah pada tiap aktifitas :
Sebelum sarapan, tingkat glukosa Anda harus antara 80 dan 120.
Sebelum makan tingkat glukosa Anda juga harus antara 80 dan 120.
Dua jam setelah Anda makan, tingkat glukosa harus 170 atau kurang.
Sebelum Anda tidur, kisaran gula darah 100 sampai 140 adalah ideal.
Saat berpuasa, sangat ideal bahwa range Anda berada di kisaran 70 sampai 100.

2. Pola Makan
Terlihat sepele, namun inilah salah satu faktor pemicu naiknya kadar gula darah. Pada intinya adalah jangan pernah melewatkan jam makan Anda. Penjelasannya adalah setiap kali Anda melakukan kebiasaan buruk tersebut, maka kadar gula darah Anda akan meningkat. Hal ini terjadi karena ketika Anda kelaparan, maka tubuh membutuhkan bahan bakar. Bahan bakar itu adalah Glukosa yang dilepaskan dari hati, peningkatan Glukosa inilah yang lama-kelamaan dapat menyebabkan meningkatnya kadar gula darah.

3. Konsumsi Karbohidrat
Seperti kita ketahui bersana bahwa karbohidrat adalah salah satu unsur makanan yang penting bagi tubuh. Namun yang perlu diperhatikan adalah dari jenis makanan apa karbohidrar yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Salah satu yang tidak dianjurkan adalah karbohidrat yang berasal dari makanan seperti roti tawar putih. Penyebabnya adalah bahwa roti mengandung karbohidrat kompleks yang memperlambat penyerapan Glukosa. Disarankan Anda untuk mengkonsumsi kacang-kacangan.

4. Konsumsi Kayu Manis
Kayu manis adalah rempah-rempah yang berkhasiat menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian kesehatan menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi kayu manis, berhasil menurunkan gula darahnya sebanyak 18-29%. Maka dari itu tidak ada salahnya jika Anda menambahkan rempah-rempah ini pada minuman Anda seperti kopi, teh, atau bahkan plain yogurt Anda. Selain bermanfaat untuk menurunkan gula darah, menambahkan kayu manis pada minuman dapat memberi rasa yang pastinya lebih nikmat.

5. Tidur Cukup
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Annals of Epidemology di Belanda, menyimpulkan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam memungkinkan memiliki resiko tingkat gula darah tinggi. Hal ini disebabkan karena dengan seseorang itu mengalami kurang tidur dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin dalam mengatur glukosa. Oleh karena itu disarankan bagi Anda untuk mengatur pola tidur, setidaknya tidurlah selama 8 jam saat malam hari.

6. Konsumsi Kacang-kacangan
Seperti yang telah kita bahas pada poin kedua tadi, cobalah untuk mengkonsumsi kacang-kacangan. Kacang-kacangan adalah jenis makanan yang kaya serat, sehingga membutuhkan waktu lama untuk dicerna oleh sistem pencernaan. Hal ini berarti bahwa makanan jenis ini membutuhkan waktu lebih lama untuk melepaskan Glukosa. Selain itu, kacang-kacangan merupakan sumber lemak tak jenuh yang tidak dapat meningkatkan kadar gula darah.

Jadi mulailah sejak dini memperhatikan pola makan Anda, agar terhindar dari penyakit yang diakibatkan dari naiknya kadar gula darah pada tubuh.

Semoga Bermanfaat...

0 Response to "Tips Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami"

Post a Comment

- Komentarlah sesuai konten
- Untuk promosi yang lebih efektif, silahkan hubungi admin
- Jangan sertakan link hidup

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...