-->

Cara Stek Cemara Norfolk

TipsSlide - Cemara Norfolk adalah tanaman cemara yang memiliki bentuk unik dibandingkan jenis cemara lainnya. Tanaman ini berasal dari wilayah Kepulauan Norfolk yang berada pada gugusan pulau di Samudera Pasifik selatan ( masih masuk wilayah Australia ). Keunikan pada susunan cabang yang tumbuh secara horisontal dan bertingkat satu sama lain inilah yang menjadi daya tarik utamanya. Cemara berjenis tanaman indoor ini merupakan cemara yang dikalangan penghobi tanaman hias sering disebut juga sebagai cemara ventris.

Cara Stek Pohon Cemara Norfolk

Jaman dulu, cemara Norfolk ini hanya diperbanyak lewat biji. Tetapi ternyata tanaman ini juga bisa diperbanyak dengan menggunakan metode stek. Meski begitu Anda harus tetap berhati-hati dalam melakukan metode ini. Karena jika salah-salah dalam penerapannya, bentuk tanamannya jadi tidak beraturan. Keunikan lain adalah daunnya yang selalu hijau dan tak mudah gugur (evergreen), ternyata memiliki ketahanan sampai lebih dari 1 minggu. Perawatannya pun cukup mudah, cukup diletakkan di beranda atau dekat jendela yang terkena sinar matahari yang cukup.

Cara Menyetek
- Stek itu harus diambil dari pucuk batangnya. Stek yang berasal dari cabang yang menyamping, akan terus tumbuh menyamping dan tidak akan membentuk pyramid bertingkat seperti aslinya.
- Tanaman yang akan disetek hendaknya telah memiliki cabang minimal 6 tingkat. Sedangkan ujung tanaman itu dipotong diruas batang pertama atau kedua dengan panjang 20-30 cm.
- Olesi dengan pasta zat perangsang tumbuh akar.
- Setelah itu, stek pucuk itu bisa langsung ditanam pada media semai yang berupa humus andam atau media lain yang bisa menjaga
kelembabannya.
- Nantinya, dari bekas potongan itu biasanya akan muncul 2-3 tunas baru. Nah, bila panjang tunas telah mencapai 20-30 cm, ia bisa dipotong untuk dijadikan bahan stek.
- Gunakanlah media tanam berupa lapisan tanah humus, atau bisa juga dicampur dengan sedikit sekam supaya porositasnya lebih baik.
- Akar tanaman akan muncul setelah stek berumur 3-4 bulan, dan stek-stek itu bisa dipindahkan ke pot pembibitan 1-2 bulan kemudian.

Tips Perawatannya

- Cara merawat tanaman ini sebenarnya cukup mudah, cukup lakukan perawatan secara teratur. Penyiraman dan pemberian pupuk sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari kecuali pada saat
hujan.
- Pemupukan dapat menggunakan pupuk kandang atau pupuk kimia yang ditaburkan di atas tanah.
- Sedangkan frekuensi pemberian tergantung pada berapa lama pupuk itu habis.

Meski cukup mudah, namun pemberian pupuk dan penyiraman ini merupakan hal yang penting. Sebab jika sampai kekurangan oleh salah satu unsur tersebut, maka akan berefek kurang baik pada pertumbuhan tanamannya. Daun-daunnya berwarna kusam, melengkung ke bawah, dan cabangnya tumbuh pendek.

Metode Hidroponik
Jika Anda berniat menggunakan metode hidroponik untuk menanamnya, lakukanlah saat ukuran tanamannya setinggi kira-kira 50 cm. Karena kalau ukurannya sudah di atas 1 meter,
pemindahannya jarang berhasil dilakukan. Hidroponik cemara Norfolk ini mampu bertahan hingga10 hari di dalam ruangan.

Tags :
Teknik Menanam, Tips Stek Cemara Norfolk, Tips Merawat Tananan Indoor

2 Responses to "Cara Stek Cemara Norfolk"

  1. wah jadi nambah ilmu nih makasih gan,,buat artikelnya,,

    ReplyDelete
  2. cemara norfolk hasil stek kan akarnya serabut ya apakah akarnya bisa merusak bangunan?mohon dijawab

    ReplyDelete

- Komentarlah sesuai konten
- Untuk promosi yang lebih efektif, silahkan hubungi admin
- Jangan sertakan link hidup

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...