-->

Tips Merawat Tanaman Wijaya Kusuma


TipsSlide - Wijayakusuma (Epiphyllum anguliger) tergolong tanaman hias yang cukup unik. Tanaman ini merupakan jenis tanaman kaktus dan juga memiliki bunga yang unik dan indah. Uniknya adalah waktu mekarnya yang sulit diprediksi, meskipun secara umum bunganya mekar pada tengah malam. Lalu, bagaimanakah cara merawat tanaman Wijayakusuma yang benar? Mari disimak lagi...

Wijayakusuma memiliki bunga yang harum dan sangat semerbak saat mekar. Tanaman wijaya kusuma tumbuh tegak dengan batang yang terbentuk dari helaian daun yang mengeras dan mengecil. Bentuk daunnya pipih, tebal berdaging, dengan permukaan yang halus tanpa duri tidak seperti kaktus pada umumnya. Tanaman ini dapat tumbuh dengan ketinggian antara 2 hingga 3 meter.


Perlu diketahui jika bunganya tumbuh dari lekukan daun dengan tangkai yang panjang dan lemas, dan hanya mekar dalam waktu beberapa jam saja untuk kemudian kembali layu menjelang pagi hari.


Cara Menanam dan Perawatan
» Jika Anda ingin menanam tanaman ini didalam pot, Anda dapat menanamnya pada media berupa lumut Sphagnum, hancuran batang paku tiang, sedikit pasir, dan campurkan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Sedangkan untuk bibit baru wijayakusuma dapat diperoleh dari stek daun.
» Setek yang baru ditanam sebaiknya diletakkan di tempat teduh dan dinaungi, tapi tetap harus mendapatkan cahaya matahari dengan intensitas sekitar 50% atau lebih kecil dari itu. Intinya adalah tidak langsung menyinarinya.
» Setelah 2 bulan, pindahkan secara perlahan tanaman baru itu ke tempat yang mendapat cahaya matahari secara langsung dengan intensitas 50%-75%. Proses pemindahan sebaiknya berlangsung setahap demi setahap agar tanaman tidak mengalami “stress”.
» Lakukan penyiraman seminggu sekali. Karena Wijayakusuma merupakan jenis kaktus dan tidak perlu disiram tiap hari.
» Penggantian pot dan media tanam dilakukan 6 bulan sekali pada tanaman yang menggunakan pot berdiameter 10-20 cm.
» Agar mendapatkan Epiphyllum dengan pertumbuhan yang baik, tanaman mesti mendapat cahaya matahari langsung yang cukup.
» Letakkan tanaman di tempat yang bersirkulasi udara baik, agar pertumbuhannya tidak terhambat.
» Berikan juga pupuk berupa pupuk buatan maupun pupuk organik sebagai nutrisi tumbuhnya. Berikan secara berkala setiap 2-2,5 bulan sekali.

Dengan kondisi optimal, tanaman Epiphyllum dari setek akan berbunga dua-tiga tahun sejak penanaman. Tanaman ini berbunga setiap setahun sekali, sehingga pemberian pupuk NPK bunga menjelang musim berbunga akan mempengaruhi  pertumbuhan tanaman ini.

Sebagai tanaman obat-obatan
Bunga wijayakusuma juga dipercaya dapat digunakan sebagai ramuan herbal untuk mengobati beberapa penyakit. Beberapa khasiat bunga wijayakusuma diantaranya untuk mengobati luka abses, asma,  menetralkan pembekuan darah(angin duduk) dan meredakan rasa sakitnya, bisul, anti radang, pendarahan, tuberkolosis, batuk, dan muntah darah. Bahkan konon kabarnya jika Anda tanpa sengaja melihat bunga wijayakusuma mekar, maka Anda akan memperoleh keberuntungan yang besar pada keesokan harinya. Ya... Meskipun memang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah, namun percaya tidak percaya hal-hal ini dapat dan pernah terjadi pada sebagian orang. Diluar masalah mitos tadi, tanaman yang biasanya disebut ratu malam ini tetap sangat cocok untuk ditumbuhkan sebagai tanaman hias di taman Anda. Hal ini karena bentuk tanaman yang indah dan aroma bunganya yang harum, dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda tanam.

Berminat dengan tanaman para raja ini? Anda bisa Cek ketersediaan dan harganya di
Harga tanaman Wijaya Kusuma

1 Response to "Tips Merawat Tanaman Wijaya Kusuma"

  1. MINAT PIN BB: 582F8501 HUB/SMS:0851-4515-5828 SPESIAL HARGA PROMO TERBARU & TERPERCAYA DI GUNUNG MAS PONSEL : Produk yang Kami Tawarkan Semuanya asli original, Ada Garansi Resmi Distributor. dan Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya. klik web resmi kami di http://gunungmas-phone.blogspot.com/
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.800.000
    Ready Stock ! Sony Xperia M4 Aqua-Putih Rp.1.900.000,-
    Ready Stock ! BlackBerry Z3-Hitam Rp.1.000.000,-
    Ready Stock ! Sony Xperia T2 Ultra Dual Sim-Putih Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock ! BlackBerry Bold 9900 Dakota Rp.800.000,
    Ready Stock ! Blackberry Z30 16GB-Putih Rp.1.500.000,
    Ready Stock ! Sony Xperia Z3 Compact 16GB-Putih Rp. 2.500.000,-
    Ready Stock ! Blackberry bellagio 9790 Rp.700.000
    Ready Stock ! BlackBerry 9720 Samoa 512MB-Putih Rp.900.000,-
    Ready Stock ! BlackBerry Q5 8GB-Putih Rp.1.000.000,-
    Ready Stock ! Blackberry Q10 Putih Rp.1.500.000,-
    Ready Stock ! Blackberry Z10 16GB-Putih Rp.1.000.000,-
    Ready Stock ! Apple iphone 5 32GB Rp.2.500.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 6 64GB abu-abu Rp.4.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S6 32GB Putih Rp.3.300.000

    ReplyDelete

- Komentarlah sesuai konten
- Untuk promosi yang lebih efektif, silahkan hubungi admin
- Jangan sertakan link hidup

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...