-->

Manfaat Cokelat Bagi Tubuh

manfaat cokelat
3dDigitalPrinting

TipsSlide - Siapa yang tak kenal dengan makanan manis ini. Sebagian besar orang dimuka bumi ini menyukai yang namanya cokelat. Selain rasanya yang enak, ternyata cokelat memiliki berbagai manfaat bagi tubuh manusia jika dikonsumsi secara wajar (tak berlebihan). Lalu apa saja manfaat cokelat bagi tubuh manusia?
Berikut ini manfaat cokelat bagi tubuh kita, diantaranya :

Meningkatkan Produksi Insulin
Para peneliti di Italia baru-baru ini, melakukan penelitian terhadap 15 orang untuk mengkonsumsi 3 ons cokelat hitam atau cokelat putih dalam jumlah yang sama, yang tidak mengandung phytochemical flavonoid selama 15 hari. Kemudian penelitian ini menunjukkan hasil, bahwa resistensi insulin (faktor risiko untuk diabetes) secara signifikan menurun pada mereka yang makan cokelat hitam.

Mempengaruhi Peningkatan Aliran Darah
Terkait penelitian di atas, ditemukan juga hasil tekanan darah sistolik (angka pertama dalam pembacaan tekanan darah), diukur setiap hari dan juga menjadi lebih rendah pada kelompok makan coklat hitam. Kandungan zat flavonoid ini bertindak sebagai antioksidan alami dari cokelat. Antioksidan yang sama ini juga terdapat pada manfaat anggur.

Mengurangi Risiko Serangan Jantung
Seorang peneliti bernama John Hopkins University School of Medicine Amerika dalam penelitiannya mendapati jika cokelat hitam dapat mengurangi resiko serangan jantung hampir sekitar 50%, kata Diane Becker, MPH, ScD. Hal ini berkaitan dengan kemampuan cokelat yang mampu memperlambat proses pembekuan trombosit dalam darah. Hal ini penting karena ketika trombosit membeku, akan menghasilkan blok bekuan dalam pembuluh darah ini yang mengakibatkan sebuah gumpalan yang kemudian dapat menyebabkan serangan jantung.

Menurunkan Berat Badan
Berbeda dengan manfaat buah-buahan yang memang sudah terkenal baik untuk menjaga berat badan, mengkonsumsi cokelat selama ini menjadi ketakutan tersendiri bagi mereka yang sedang melakukan program diet alias mereka yang berbadan gemuk. Padahal melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen ini didapati bahwa cokelat hitam memberikan perasaan yang lebih kenyang seperti manfaat jambu biji dan manfaat apel, dari pada cokelat putih. Hal inilah manfaat yang cukup efektif dalam membantu upaya menurunkan berat badan.

Proteksi Sinar matahari
Cokelat yang tinggi akan kandungan flavanol terbukti mampu memberikan proteksi pada kulit terhadap sinar matahari. Hal ini telah diteliti oleh peneliti di London mengenai kandungan flavanol. Pengujian dilakukan selama 3 bulan dengan mengkonsumsi cokelat. Penelitian menggunakan ukuran yakni efek memerah yang menunjukkan awal luka bakar karena sinar matahari. Namun cokelat yang rendah flavanol tidak mendapatkan perlindungan matahari yang sama.

Mengatasi Diare
Tahukah Anda ternyata cokelat dapat membantu mengatasi diare. Hal ini diperkuat oleh penelitian dari para ilmuwan di Rumah Sakit Anak Oakland Research Institute. Mereka menemukan bahwa flavonoid di dalam kakao, akan mengikat protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil dan berpotensi menghentikan diare.

Meningkatkan Intelijen
Kemampuan cokelat selanjutnya diantarannya dapat membantu mengurangi stress. Coklat tidak hanya akan membantu mengurangi efek stres terhadap lingkungan, tapi juga akan meningkatkan kekuatan otak ketika sedang benar-benar dibutuhkan. Kondisi ini didukung oleh para peneliti dari A University of Nottingham, yang  menemukan bahwa minum kokoa kaya flavanol dapat berpengaruh dalam peningkatan aliran darah ke bagian-bagian kunci dari otak selama 2 sampai 3 jam. Hal inilah yang mampu meningkatkan kinerja dan kewaspadaan otak dalam jangka pendek.

---------------

Dampak Mengkonsumsi Cokelat Secara Berlebihan

Namun terlepas dari manfaat yang dapat Anda peroleh dari cokelat adalah dampak negatif mengkonsumsinya secara berlebihan. Penelitian pada wanita berusia 48 dan 83 tahun selama 8 tahun, menyimpulkan bahwa konsumsi cokelat terlalu sering mengakibatkan dampak kurang baik bagi tubuh. Riset menemukan sekitar 19 sampai 30 gr coklat yang dikonsumsi per pekan dapat mengurangi gagal jantung. Namun mereka yang menyantapnya hampir setiap hari, tidak terlihat keuntungan yang signifikan kepada jantung. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa cokelat adalah makanan yang tinggi akan lemak, yang dapat mempengaruhi bobot tubuh. Maka dari itu jika Anda gemar mengkonsumsi cokelat plus untuk diambil manfaatnya, makanlah sesuai dengan kebutuhan. Sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang utuh dari rasa dan manfaat sebuah makanan bernama cokelat.

Tag :
Manfaat Cokelat, Manfaat Cokelat Untuk Jantung, Cokelat Hilangkan Stres, Konsumsi Cokelat Tiap Hari

0 Response to "Manfaat Cokelat Bagi Tubuh"

Post a Comment

- Komentarlah sesuai konten
- Untuk promosi yang lebih efektif, silahkan hubungi admin
- Jangan sertakan link hidup

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...