-->

Tips Blogging, Cara Membuat Blog SEO Friendly


TipsSlide - Blogging adalah salah satu aktifitas yang banyak dilakukan oleh para netter selain bersosialisasi di sosial media. Setiap pemilik blog pasti ingin agar blog miliknya itu memiliki banyak pengunjung dan banyak dikenal orang. Masalahnya tidak sembarang cara dapat dilakukan untuk meningkatkan kepopuleran sebuah blog. Ini lebih terkait dengan masalah originalitas, kuantitas, dan tentu saja kualitas dari blog itu sendiri. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika di sini saya coba untuk membagikan atau sekedar mengingatkan beberapa tips membuat blog menjadi SEO friendly.

Nama Blog
Pertama kali yang harus diperhatikan adalah menentukan nama blog yang tepat sesuai konten yang akan dibawakan. Sebenarnya hal ini tidak berpengaruh secara total terhadap kepopuleran atau SEO sebuah blog, mengingat banyak blog besar yang menggunakan nama domain yang tidak mengandung kata kunci dari konten yang dibawakan semisal PeresHilton yang berisi berita dan info seputar selebritis dunia, MalesBanget berisi info menarik seputar gaya hidup, YosefArdi blog tentang bisnis dan lain sebagainya. Namun tidak ada salahnya Anda menerapkannya pada blog baru Anda.

Misalnya saja jika blog Anda berisi informasi tentang Gadget. Coba terapkan kata kunci itu pada nama blog atau domain Anda , contoh : GadgetEvolution atau IniGadget atau nama lain yang Anda suka.

Template Blog
Dalam awal pembuatan sebuah blog, template atau tema adalah komponen utama yang perlu diperhatikan.

Template yang ringan adalah yang sangat dianjurkan. Karena template tersebut sangatlah disukai oleh para visitor blog (untuk pengunjung) dan mesin pencari (untuk diindeks). Hal ini menjadi nilai lebih bagi blog Anda dimata visitor maupun mesin pencari semisal Google, Bing, Yahoo, dsb. Bayangkan jika pengunjung harus berlama-lama menunggu saat akan mengakses blog Anda. Hal ini akan membuat pengunjung tidak sabar dan tidak nyaman. Jangankan untuk melihat-lihat halaman lain dari blog Anda, mereka lebih memilih pergi dari blog Anda dan mencari informasi serupa yang dicari pada blog lainnya.

Gunakan paduan warna yang menarik namun tidak norak atau berlebihan. Perhatikan tingkat kontras warna terlebih antara teks dengan background. Desain tema yang baik dan menarik adalah salah satu faktor yang membuat pengunjung 'betah' untuk menjelajahi tiap bagian dari blog Anda

Meta Tag dan Description Tag
Fitur ini sangat penting agar blog Anda menjadi lebih SEO friendly. Biasanya terdapat pada dasbor dari masing-masing penyedia layanan pembuatan blog atau website.

Pasang Kata Kunci Menggunakan H1 Tag
Salah satu hal penting dan mungkin banyak blogger yang melewatkannya adalah Tag H1. Tingkat SEO friendly dari sebuah blog juga sangat bergantung dari Tag yang satu ini, karena inilah gambaran utama dari sebuah blog. Biasanya digunakan untuk menulis Nama blog atau deskripsi blog. Cukup sematkan satu saja di bagian manapun pada sebuah blog.

Originalitas Artikel
Jangan pernah main-main dengan yang satu ini. Jika Anda ingin menulis sebuah artikel yang informasinya didapat dari website atau blog lain, tulislah dengan gaya dan tata bahasa Anda sendiri. Jangan asal main copy-paste saja. Karena efeknya akan sangat buruk jika Anda lakukan itu.

TipsSlide tips dasar bikin blog SEO
nikkiwoodsmedia.com

Artikel yang baik dan berkualitas akan berdampak pada SEO dari blog, yang pastinya akan bisa mendatangkan banyak pengunjung ke blog Anda. Simak beberapa tips membuat artikel yang baik berikut ini :

1. Sematkan Kata Kunci Pada Judul
Hal ini sangat penting, mengingat kebanyakan orang mencari informasi yang dibutuhkan melalui bantuan mesin pencari semisal Google, Yahoo, Bing dsb.
2. Optimasi Kata Kunci
Setelah judul, lakukan pula optimasi pada isi artikel. Sematkan kata kunci yang mewakili isi artikel Anda pada paragraf pertama, pertengahan, maupun paragraf terakhir. Ini akan membantu mempermudah mesin pencari mengindeks artikel yang Anda buat.
3. Tebalkan Kata Kunci
Kata kunci yang dibuat berbeda dengan barisan kata lainnya juga bisa jadi poin pendukung. Bahkan Anda dapat memodifikasinya dengan menggunakan tag H3 agar lebih menonjol ( biasanya jika letaknya di atas atau paling bawah artikel.
4. Menyematkan Kata Kunci Secara Proporsional
Maksudnya adalah jangan terlalu banyak memasang kata kunci pada sebuah artikel. Karena kebanyakan dari sistem indeks dari mesin pencari malah akan menganggapnya sebagai spam.
5. Tata Bahasa Baku
Penggunaan bahasa yang tepat ternyata dapat membantu blog Anda agar lebih mudah ditelusuri oleh mesin pencari. Karena tiap kata yang merangkai kalimat adalah bisa menjadi dukungan terhadap kata kunci yang terdapat pada judul artikel. Boleh-boleh saja sekali atau dua kali Anda menggunakan bahasa non-formal, namun akan tidak disarankan penggunaannya jika blog Anda memiliki widget translate bahasa di dalamnya. Karena tiap kata yang tidak baku alias non-formal tidak akan dapat diterjemahkan oleh widget translator dengan benar. Ingatlah bahwa pembaca blog Anda bukan hanya berasal dari Indonesia, melainkan antar negara bahkan dari seluruh dunia.
6. Jumlah Kata
Usahakan jumlah kata pada tiap artikel berkisar antara 400 kata atau lebih, jangan pula terlalu banyak atau berlebihan yang condong ke arah bertele-tele. Itu adalah jumlah ideal yang akan membuat artikel Anda lebih SEO friendly.
7. Pasang Alt Tag Pada Gambar
Perlu Anda ketahui jika sistem mesin pencari tidak bisa membaca atau mengenali gambar begitu saja di jaringan internet. Di sinilah fungsi pemberian tag Alt maupun Title pada gambar yang Anda unggah di dalam artikel yang Anda buat.
8. Berikan Label / Kategori Artikel
Jangan lupa menambahkan label atau kategori dari artikel yang Anda buat. Gunanya adalah untuk mengelompokkan artikel yang bertema serupa ke dalam satu label. Hal ini akan mempermudah baik mesin pencari maupun pengunjung blog Anda.

Rutinitas dan Kontinuitas Posting Artikel
Untuk menjaga agar blog Anda tetap eksis baik dimata pengunjung maupun mesin pencari, jagalah kontinuitas penerbitan artikelnya. Terlebih jika blog Anda adalah blog bertipe informasi atau berita maupun soal trend dan gaya hidup.

Demikian tulisan saya kali ini tentang tips membuat blog SEO friendly, yang dapat dimulai sejak awal pembuatan blog hingga pengelolaannya nanti.

Semoga bermanfaat...

2 Responses to "Tips Blogging, Cara Membuat Blog SEO Friendly"

  1. Tips di atas paling tidak adalah beberapa poin dasar yang bisa dijadikan sebagai acuan. Terima kasih atas referensi lainnya mas...

    ReplyDelete
  2. Terimakasih informasinya kawan
    Pusat penjualan essence aquatic - http://essenaquatic.xyz

    ReplyDelete

- Komentarlah sesuai konten
- Untuk promosi yang lebih efektif, silahkan hubungi admin
- Jangan sertakan link hidup

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...