-->

Tips Sederhana Meningkatkan Kemampuan Otak

TipsSlide - Kemampuan daya pikir atau kinerja otak sebenarnya dapat meningkat atau bahkan menurun. Selain karena asupan nutrisi bagi otak, hal ini disebabkan juga oleh berbagai faktor yang berhubungan dengan gaya hidup seseorang. Nah, berikut ini adalah tips sederhana untuk meningkatkan kemampuan otak yang berhubungan dengan gaya hidup sehari-hari.

Pernapasan
Tidak dapat dipungkiri lagi jika cara bernapas yang baik dapat mempengaruhi peningkatan kinerja otak. Hal ini dikarenakan otak memerlukan oksigen yang dikirim melalui peredaran darah. Caranya dengan melakukan pernafasan menggunakan metode bernafas dengan ritme yang lebih lambat. Tariklah udara hinga paru-paru Anda mengembang penuh, setelah itu hembuskan perlahan hingga Anda merasa udara di paru-paru Anda habis. Lakukan metode ini antara 10-15 menit sehari.

Tertawa
Tertawa adalah perasaan dimana seseorang sedang merasa gembira (jauh dari perasaan penat atau stres). Saat Anda merasa bahagia, otak akan mengeluarkan sebuah hormon bernama Endorphin. Hormon ini berfungsi mengurangi rasa sakit, serta mengurangi gejala stress. Caranya pun cukup mudah, carilah beberapa hal yang membuat Anda rileks dan menyenangkan diantaranya melihat komedi, bersenda gurau, dan hal lain yang menyenangkan.

Bermain Teka-Teki
Pada poin ini, Anda dapat mengasah otak dengan bermain teka-teki. Beberapa diantaranya adalah mengisi Teka-Teki Silang, bermain game Puzzle, dan permainan lain sejenisnya. Hal ini sangat bermanfaat bagi otak untuk mampu membuat seseorang berpikir secara kritis, dan juga dapat mendorong otak untuk mengeluarkan seluruh ingatan yang tersimpan diotak.

Membaca
Aktifitas yang satu ini sangat efektif untuk tetap menjaga otak dalam kondisi yang prima. Karena dengan membaca, berarti Anda telah melatih dan merangsang otak untuk berfungsi lebih baik. Bacalah hal-hal yang menyenangkan atau bermanfaat seperti cerpen, ilmu pengetahuan umum, dsb. Akan lebih baik jika Anda membaca topik-topik yang bermanfaat dan membangun serta menyenangkan, bukan topik yang provokatif atau yang membuat Anda malah bertambah stress karenanya.

Tidur Siang
Tidur siang ternyata memiliki pengaruh yang baik bagi otak Anda, selama Anda melakukannya secara proporsional.

Baca juga :
Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Tidur siang selama satu jam ternyata mampu membuat daya kerja otak meningkat. Otak akan lebih maksimal dalam mengingat suatu hal dengan diistirahatkan sejenak. Eits... tapi ingat ya, cukup satu jam saja dan tidak lebih dari itu. Karena jika Anda melakukan aktivitas tidur siang terlalu lama, bukan manfaat yang Anda dapat melainkan malah penyakit.

Bersosialisasi
Sesekali luangkan waktu untuk bersosialisasi dengan orang sekitar Anda. Ya, tidak salah jika Anda juga menerapkan hal ini. Tinggalkan pekerjaan Anda sejenak hanya untuk mengobrol dengan rekan atau keluarga. Selain hal ini dapat merelaksasi otak, bisa jadi dengan Anda bersosialisasi dengan orang lain Anda akan menambah informasi atau bahkan inspirasi baru.

Bahkan sebagian orang meluangkan waktunya hanya untuk sekedar bercengkrama dengan alam. Kata mereka, "Dengan bercengkrama dengan alam, kita serasa membuang segala beban dan kepenatan yang ada. Mengagumi ciptaan Tuhan adalah salah satu cara menghilangkan stress yang cukup ampuh...".

Jadi mulai sekarang cobalah untuk membiasakan diri menerapkan gaya hidup yang sehat. Tidak mahal, tidak pula rumit kan...
Semoga tips meningkatkan daya kerja otak kali ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.

--------------

Tag :
Tingkatkan kinerja otak, Gaya hidup sehat, Cara tingkatkan daya kerja otak, Menjaga kesehatan otak, Meningkatkan daya ingat.

0 Response to "Tips Sederhana Meningkatkan Kemampuan Otak"

Post a Comment

- Komentarlah sesuai konten
- Untuk promosi yang lebih efektif, silahkan hubungi admin
- Jangan sertakan link hidup

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...