-->

Tips Blogging, Hindari Beberapa Hal Ini Saat Ngeblog

TipsSlide - Belajar blogging atau ngeblog pada dasarnya tidak serumit yang dikira. Apalagi kini telah banyak tersedia tutorial serta tips yang membahas tentang belajar ngeblog. Kesemuanya itu sudah barang tentu lebih mempermudah para pemilik blog untuk mengelola blog miliknya. Namun oleh karena berbagai kemudahan itulah terkadang seorang pemilik blog ( khususnya pemula ) yang lupa atau melewatkan beberapa hal dasar yang seharusnya dihindari saat ngeblog. Karena jika sampai hal itu dilakukan, bukan malah akan menaikkan trafik dan kualitas blog malah akan memperburuk kualitas blog milik sobat.
Lalu apa saja hal-hal dasar yang perlu dihindari saat ngeblog... Mari disimak sob...

Tergesa-gesa Mempublish Artikel
Memang alasan yang satu ini terlihat tidak terlalu fatal akibatnya. Namun apakah sobat selalu mengetahui siapa dan kapan saja pengunjung blog membaca artikel yang kamu buat. Jika sampai terjadi salah ketik ataupun link rusak, ini akan memunculkan penilaian negatif akan kualitas blog milik sobat. Bayangkan saja karena terlalu terburu-buru mempublish artikel tanpa mengeceknya terlebih dahulu, blog kamu akan dikira blog yang asal-asalan jika sampai ditemukan adanya kekeliruan pengetikan, alur cerita yang tak beraturan, maupun broken link.

Kontinuitas Posting Tidak Terjaga
Yang satu ini termasuk poin penting yang perlu diperhatikan. Blog yang secara kontinyu meng-update artikel, maka akan terlihat lebih berkualitas dibandingkan dengan yang jarang update. Hal ini menyangkut 'pandangan' dari dua belah pihak yang merupakan penilai dari blog milik sobat, yaitu pengunjung dan mesin pencari.

Jadi, usahakanlah memposting artikel baru untuk menyegarkan blog milik sobat. Meskipun blog milik sobat berisi konten-konten 'abadi' semisal konten berkategori kumpulan tips. Jika sobat mampu memposting satu artikel per hari, maka usahakanlah melakukannya per hari. Begitu juga jika sobat hanya mampu memposting satu artikel per minggu, maka kamu harus melakukannya juga tiap minggu.

Tidak Menyertakan Opini Pribadi
Jika sobat hendak menulis sebuah artikel apapun itu, akan lebih baik jika sobat menyertakan opini pribadi di dalamnya. Mengingat bahwa sebuah blog bukanlah sebuah website berita yang membawakan alur baku dari berita yang dibawakan. Hal ini juga berpengaruh pada penilaian dari pengunjung terhadap kualitas dan pengalaman yang dimiliki oleh si pemilik blog itu sendiri.

Terlalu Ramai Dengan Iklan
Tidak sedikit para pemilik blog yang menginginkan mendapatkan pemasukan ( penghasilan ) dari blog yang dimilikinya, terlebih jika blog tersebut telah memiliki jumlah pengunjung yang ramai. Biasanya yang mereka lakukan adalah dengan memasang iklan pada ruang-ruang di halaman blog. Perlu diketahui bahwa iklan akan dominan dan lebih menarik jika menggunakan objek berupa gambar.

Tidak ada salahnya memang dengan cara yang tersebut di atas. Hanya saja hal yang perlu diutamakan adalah masalah kenyamanan dari pengunjung itu sendiri. Karena jika terlalu banyak spot iklan yang kamu tampilkan, maka akan membuat loading blog menjadi berat saat dibuka. Selain itu blog kamu akan terlihat acak-acakan jika kamu memasang terlalu banyak iklan.

Copy Paste Tulisan Orang
Bagi sobat yang selama ini melakukan copy paste tulisan orang, mulai sekarang hindarilah melakukan hal ini. Yang dimaksud di sini adalah menjiplak seutuhnya tulisan orang. Ini akan membunuh kreatifitasmu dan kedepannya akan merugikan blog milik sobat sendiri. Lebih parah lagi dan yang membuat saya tertawa adalah mereka yang copy paste artikel dari blog berbahasa asing, kebanyakan mereka hanya mentranslate secara instant artikel tersebut tanpa melihat hasil dari struktur kalimatnya. Hasilnya...acak-acakan sob...

Pada kondisi tertentu sebenarnya hal ini wajar terjadi dalam dunia bloging khususnya pada salah satu cara mendapatkan ide untuk sebuah penulisan artikel. Namun paling tidak ambillah info yang sobat peroleh dari website atau blog lain tersebut, dan tulislah dengan gaya bahasamu sendiri. Akan lebih baik jika sobat memberikan sumber link dari halaman asalnya.

Tidak Membalas Komentar Pengunjung
Pada dasarnya sebuah blog adalah sarana informasi dan media komunikasi 2 arah yaitu antara si pemilik blog dengan pengunjungnya. Oleh karena itu jangan abaikan jika ada pengunjung yang berkomentar mengenai artikel yang kamu buat.

Tidak Menjalin Komunikasi Dengan Blog Lain
Meskipun sobat rajin membuat postingan, namun usahakanlah menjalin komunikasi dengan para pemilik blog lain. Hal ini sangat bermanfaat bagi blog milik sobat. Kamu bisa mendapatkan backlink berkualitas yang pastinya juga dapat membantu blog milik sobat agar mudah terkenal. Jadi hindari beberapa hal seperti tidak memberi komentar di blog lain, tidak bertukaran link, tidak mau memberi track back pada tulisan blog lain, maupun tidak bergabung dalam komunitas blog lain yang memiliki topik yang sama.

Menulis Hanya Untuk Mesin Pencari
Hindari gaya penulisan yang hanya ditujukan bagi mesin pencari. Ingatlah bahwa tujuan utama kita berbagi informasi melalui blog adalah pembaca atau pengunjung. Jadi hindarilah meletakkan kata kunci yang berlebihan pada sebuah artikel. Pembaca akan tidak nyaman dengan pengulangan kata dari kata kunci yang sobat tujukan untuk mesin pencari.


---------------

Oke, kiranya sekian dulu tips blogging mengenai beberapa hal yang perlu dihindari saat blogging kali ini. Semoga apa yang saya sampaikan di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang baru belajar membuat dan mengelola sebuah blog.

1 Response to "Tips Blogging, Hindari Beberapa Hal Ini Saat Ngeblog"

  1. artikel yang sangat menarik min dan bermanfaat sekali...
    solder uap

    ReplyDelete

- Komentarlah sesuai konten
- Untuk promosi yang lebih efektif, silahkan hubungi admin
- Jangan sertakan link hidup

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...