-->

Efek Buruk Dari Kebiasaan Menyilangkan Kaki

Tipsslide - Pada posting kali ini saya akan membahas tentang efek buruk menyilangkan kaki pada waktu duduk. Posisi duduk yang seperti ini banyak dilakukan dan telah menjadi kebiasaan terutama oleh kaum wanita. Lalu apa efeknya bagi kesehatan tubuh? Berikut ini penjelasannya...

Penyebab Varises
Pada dasarnya tidak ada yang salah dengan kebiasaan duduk semacam ini, bahkan hal ini tidak selalu menjadi penyebab dari salah satu efek buruk di atas. Namun perlu kita ketahui adanya hubungan antara kebiasaan duduk tersebut dengan struktur dan kinerja pembuluh darah yang ada pada tubuh kita, terutama bagian kaki. Kita ingat kembali bahwa pada tubuh terdapat dua jenis pembuluh darah yaitu pembuluh Arteri dan Vena. Pembuluh darah Arteri adalah pembuluh darah yang bertugas mengalirkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh, sementara pembuluh Vena yang bertugas mengalirkan kembali darah ke jantung dan paru-paru. Disinilah letak keterkaitannya. Otot pada kaki dan tungkai berperan dalam hal ini.

Pembuluh darah pada kaki bertugas menjaga keseimbangan aliran darah mengalir ke arah yang seharusnya. Namun ketika pembuluh tertentu terlalu lemah (ini bisa dipengaruhi oleh genetik), hal inilah yang mengakibatkan terjadinya varises. Karena hal tersebut kemungkinan bisa mengakibatkan darah berkumpul di satu tempat dan membuat pembuluh Vena menjadi bengkak, renggang, dan menyebabkan timbulnya tonjolan pada kulit. Hal inilah yang kemudian disebut sebagai varises.

Perlu juga diketahui bahwa Varises biasanya lebih banyak terjadi pada wanita, terutama pada wanita yang sedang hamil. Hal ini dapat terjadi dikarenakan berat badan yang berlebihan saat terlalu sering berdiri, sehingga otot kaki yang lemah tidak dapat mengalirkan darah secara efektif ke jantung. Terlebih jika seseorang memiliki otot kaki yang lemah dikarenakan masalah genetik atau turunan. Maka dengan memiliki kebiasaan duduk menyilangkan kaki akan menyebabkan timbulnya Varises pada beberapa tahun kedepan.

Untuk mencegah terjadinya varises, sebaiknya berolahraga ringan misalnya dengan aktivitas ringan seperti berolahraga, berenang, dan sesekali cobalah menaikkan kaki lebih tinggi dari jantung. Dengan sesekali menaikkan kaki lebih tinggi dari jantung akan menghindarkan adanya darah yang berkumpul di kaki. Selain itu, cobalah untuk mengurangi menggunakan sepatu hak tinggi.

Merubah Bentuk Tulang Belakang
Efek buruk lainnya dari kebiasaan duduk dengan kaki menyilang adalah dapat merubah postur tulang belakang. Hal ini terjadi dikarenakan tulang belakang akan tertarik mengikuti cara duduk sehingga merubah postur secara perlahan-lahan hingga membentuk huruf C. Bagi kebanyakan wanita tentunya bentuk ini akan memperburuk kondisi tubuh mereka. Karena secara kasat mata wanita yang sering duduk dengan kaki menyilang akan memiliki postur pundak yang menyamping atau dengan kata lain condong ke satu sisi.

Dapat Menimbulkan Rasa Sakit Pada Leher dan Pundak
Efek buruk ketiga adalah dapat menimbulkan sakit leher dan punggung hanya pada satu sisi saja. Hal ini dapat terjadi terutama pada mereka yang memiliki kebiasaan duduk dengan kaki menyilang yang lebih dominan atau sering bertumpu pada satu sisi saja ( namun bukan berarti dengan lebih sering bergantian posisi kaki akan menghindarkan dari keluhan ini ). Jadi bila Anda memiliki kebiasaan ini, tidak ada salahnya sesekali waktu Anda memijat kaki perlahan untuk lebih memperlancar peredaran darah.

Mungkin sekian dulu tips kesehatan kali ini. Perlu diingat, kebiasaan yang baik akan memberikan dampak positif dan mencegah timbulnya penyakit bagi kesehatan tubuh kita.

Semoga Bermanfaat

0 Response to "Efek Buruk Dari Kebiasaan Menyilangkan Kaki"

Post a Comment

- Komentarlah sesuai konten
- Untuk promosi yang lebih efektif, silahkan hubungi admin
- Jangan sertakan link hidup

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...