-->

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

TIPSSLIDE - Apa kabar sobat semua... Pada artikel kali ini kita kembali mencoba mengulik beberapa tips dan cara bagi kalian yang sedang belajar menjadi seorang blogger. Dan kali ini saya mencoba berbagi sedikit tips bagi kalian yang sedang belajar membuat sebuah artikel yang berkualitas dan pastinya SEO friendly.

Mengingat fungsi dari Search Engine yang sangat penting bagi perkembangan blog sobat kedepannya, tidak ada salahnya kamu memulainya juga dengan membuat artikel yang disukai oleh Search Engine. Karena pengunjung yang datang dari mesin pencari adalah pengunjung yang potensial. Maksudnya adalah mereka yang datang dari mesin pencari adalah mereka yang memang sedang mencari informasi yang disediakan oleh blog yang dituju. Oleh karena itu mari simak beberapa tips sederhana menulis artikel yang SEO Friendly berikut ini

Judul Artikel
Pada judul artikel yang kalian buat sebaiknya mengandung keyword atau kata kunci. Hal ini cukup penting dilakukan, karena judul dari artikel ini mengandung Tag H2 dan H3 yang menjadi objek utama pencarian selain Tag H1. Apalagi jika kamu menggunakan layanan blog yang menerapkan permalink yang diambil dari judul artikel semisal pada Blogspot. Hal ini akan mempermudah orang maupun mesin pencari untuk menemukan kata kunci yang dimaksud jika disisipkan dengan kata kunci.
Contoh :
Misalkan sebuah artikel berisi tentang cara membuat blog di platform Blogspot. Maka contoh judul yang disarankan semisal Cara Mudah Membuat Blog di Blogspot.
Maka nantinya link dari artikel sobat akan otomatis terbentuk susunan kata seperti yang tertulis tadi. Yaitu http://NAMA BLOG/

Letak Kata Kunci
Selain pada judul artikel, akan lebih baik jika sobat juga menerapkan kata kunci pada beberapa bagian dari sebuah blog. Dimana saja letak idealnya??
Kata kunci tersebut selain terletak di judul artikel, juga terdapat di dalam artikel yang mana jumlahnya kurang lebih ada 3 letak. Tips lainnya adalah agar keyword anda bagus, gunakan 3 sampai 5 kata saja dalam keyword tersebut agar kata kunci artikel dapat saling mendukung. Jika blog sobat termasuk baru, lebih disarankan jika menggunakan kata kunci yang panjang. Jangan lupa juga untuk menebalkan penulisan kata kunci ( bold ) ataupun dengan membuat miring ( italic ).

Bahasa Artikel
Jika kalian ingin menulis sebuah artikel, setidaknya kalian harus paham dengan model bahasa baku. Maksudnya di sini adalah bahasa yang sesuai dengan kosakata standart dari sebuah negara. Jika pada bahasa Indonesia kita mengenalnya dengan metode EYD ( Ejaan Yang Disempurnakan ). Sudah dapat dipastikan hal itu bisa mempermudah search engine dalam melakukan indeks ke artikel sobat.

Jumlah Kata
Buatlah artikel dengan jumlah kata di atas 300. Yang biasa digunakan adalah 400 - 500 kata. Namun beberapa sumber juga mengatakan jika jumlah sebanyak 1000 kata adalah yang paling disukai oleh mesin pencari. Pada dasarnya jangan terlalu pendek ataupun terlalu panjang. Ingatlah juga jika tujuan kita membuat blog semata-mata ditujukan untuk para pengunjung blog. Jadi tips nya jika membuat posting yang panjang, janganlah membuat artikel dengan alur yang terlalu bertele-tele atau berulang-ulang.

Alt dan Title Gambar
Jika sobat ingin menambahkan gambar pada artikel, jangan lupa untuk menambahkan kode 'alt' dan 'title' pada kode HTML gambar. Tips ini berlaku untuk gambar yang belum memiliki atau tidak disertai tag 'alt' dan 'title' sebelumnya. Contoh pada kode berikut

< img src="http://LINK GAMBAR"/ >
menjadi
< img src="http://LINK GAMBAR" alt="TEKS ALT" title="TEKS TITLE"/ >
ket : pada teks 'alt' dan teks 'title' isi dengan kata kunci dari artikel agar lebih sesuai.

Label atau Kategori
Jangan lupa juga beri Label / Kategori Artikel Postingan. Kategori artikel ini fungsinya sudah jelas yaitu sebagai pengelompok artikel yang satu dengan yang lainnya dalam satu topik yang relevan. Sehingga artikel yang memiliki tema atau topik yang sama dapat dikumpulkan pada satu menu. Selain nantinya akan mempermudah untuk ditemukan dan dikenali oleh pengunjung, juga bisa bermanfaat untuk mempermudah search engine dalam menelusuri artikel sobat.

Oke sobat, sekian dulu Tips Blogging tentang Cara Menulis Artikel SEO Friendly kali ini, sampai jumpa pada tips-tips menarik lainnya. Semoga bermanfaat dan happy blogging...

3 Responses to "Cara Menulis Artikel SEO Friendly"

  1. MINAT PIN BB: 582F8501 HUB/SMS:0851-4515-5828 SPESIAL HARGA PROMO TERBARU & TERPERCAYA DI GUNUNG MAS PONSEL : Produk yang Kami Tawarkan Semuanya asli original, Ada Garansi Resmi Distributor. dan Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya. klik web resmi kami di http://gunungmas-phone.blogspot.com/
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.800.000
    Ready Stock ! Sony Xperia M4 Aqua-Putih Rp.1.900.000,-
    Ready Stock ! BlackBerry Z3-Hitam Rp.1.000.000,-
    Ready Stock ! Sony Xperia T2 Ultra Dual Sim-Putih Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock ! BlackBerry Bold 9900 Dakota Rp.800.000,
    Ready Stock ! Blackberry Z30 16GB-Putih Rp.1.500.000,
    Ready Stock ! Sony Xperia Z3 Compact 16GB-Putih Rp. 2.500.000,-
    Ready Stock ! Blackberry bellagio 9790 Rp.700.000
    Ready Stock ! BlackBerry 9720 Samoa 512MB-Putih Rp.900.000,-
    Ready Stock ! BlackBerry Q5 8GB-Putih Rp.1.000.000,-
    Ready Stock ! Blackberry Q10 Putih Rp.1.500.000,-
    Ready Stock ! Blackberry Z10 16GB-Putih Rp.1.000.000,-
    Ready Stock ! Apple iphone 5 32GB Rp.2.500.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 6 64GB abu-abu Rp.4.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S6 32GB Putih Rp.3.300.000

    ReplyDelete
  2. keren gan artikelnya, makasih sudah share..
    blower hp

    ReplyDelete

- Komentarlah sesuai konten
- Untuk promosi yang lebih efektif, silahkan hubungi admin
- Jangan sertakan link hidup

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...