-->

Tips Menyambung Tanaman Kaktus

TipsSlide - Apakah Anda salah satu penggemar tanaman Kaktus? Jika iya, mungkin Anda tertarik dengan artikel tentang tips menyambung tanaman Kaktus berikut ini. Tujuan menyambung Kaktus ini salah satunya adalah untuk lebih mempercantik tampilan Kaktus itu sendiri, selain itu Kaktus hasil sambungan ternyata bisa 3 – 4 kali lebih cepat pertumbuhannya.

Bayangkan, untuk mendapatkan kaktus yang batangnya sebesar bola pingpong, hanya dibutuhkan waktu 8–12 bulan saja. Padahal, kalau kaktus itu ditanam langsung ke media, kita harus menunggunya 3–4 tahun agar besar batangnya sama.

Nah, agar proses penyambungan dapat berhasil, sebaiknya anda mengetahui langkah-langkahnya terlebih dulu. Meski menyambung kaktus bukan merupakan hal baru, ternyata masih banyak orang yang gagal melakukannya. Namun Anda jangan takut, karena caranya cukup mudah. Yang terpenting adalah ketelitian dan ketelatenan.

Bahan dan Alat
Bahan dan alatnya sederhana
Pertama-tama siapkan terlebih dahulu bahan dan alat yang diantaranya sarung tangan, pisau atau silet, pinset, karet gelang, kuas, alkohol dan pastinya Kaktus yang akan disambung. Batang bawah mesti
berasal dari tanaman yang sehat, tahan terhadap pembusukan, dan perakarannya banyak. Yang umum digunakan adalah jenis Cereus Spachianus dan C. peruvianus. Sedangkan batang atas dapat diambilkan dari jenis kaktus yang Anda inginkan. Namun Anda harus memilih ukuran batang atas yang sudah sebesar kelerang.

Cara Menyambung Kaktus
Pastikan batang atas yang akan disambung berasal dari kaktus semaian. Lakukan penyambungan di tempat yang teduh.
1. Ambil batanh bawah kaktus yang sebelumnya berada dalam pot.
2. Setelah itu bersihkan bagian ujung atas batang bawah tadi, lalu sayat mendatar. Untuk mendapatkan permukaan lebih sempit, sayat miring pada tiap sisi dengan kemiringan sebesar 45 derajat.

cara menyambung kaktus
via RumahBunga-Rizal.com

3. Selanjutnya, pangkal batang atasnya disayat mendatar. Sedikit di atas perakarannya, sehingga kambiumnya terlihat.
4. Tempelkan batang ini ke batang bawah yang tadi telah disiapkan, sehingga kedua kambiumnya
menempel. ( inilah alasan mengapa penempelan dilakukan segera, sebelum kambium mengering ).
5. Ikat kedua batang kaktus tadi beserta potnya menggunakan karet gelang.
cara menyambung kaktus
via RumahBunga-Rizal.com

6. Sirami media tersebut.
7. Simpan pada tempat yang agak gelap.
8. Tunggu hingga kira-kira empat hari untuk melepaskan karet pengikat.

Untuk melihat berhasil atau tidaknya penyambungan yang Anda lakukan, Anda bisa melihat tanda-tandanya kira-kira setelah 2 minggu. Sambungan yang berhasil ciri-cirinya adalah batang atasnya akan terlihat sehat, dan mulai
tumbuh. Namun jika gagal, biasanya batang atas terlihat layu dan menyusut. Bisa juga dilihat dari sambungan yang tidak menyatu, serta batang bawahnya
ditumbuhi tunas. Nah jika berhasil, untuk selanjutnya kaktus sudah bisa diletakkan di tempat yang cukup mendapat cahaya matahari, agar pertumbuhannya bagus dan sehat.

Semoga tips menyambung tanaman kaktus kali ini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Ingatlah bahwa ketelitian dan ketelatenan juga dapat berdampak besar pada keberhasilan penyambungan ini.

Source by :
Rizal Djafaarer, Lembang - Bandung at RumahBunga-Rizal.com

0 Response to "Tips Menyambung Tanaman Kaktus "

Post a Comment

- Komentarlah sesuai konten
- Untuk promosi yang lebih efektif, silahkan hubungi admin
- Jangan sertakan link hidup

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...