-->

Makanan dan Minuman ini Dapat Mengakibatkan Perut Kembung

TipsSlide - Bagi Anda yang sering mengalami masalah perut kembung atau begah, coba perhatikan kembali asupan makanan Anda. Bisa jadi makanan yang Anda konsumsi itulah yang jadi penyebabnya. Meskipun terlihat sepele, namun jangan pernah abaikan keluhan kembung ini.

Seperti kita ketahui, perut kembung merupakan gangguan pencernaan yang disebabkan oleh adanya gas yang berkumpul di lambung atau usus sehingga perut terasa begah (penuh) dan tidak nyaman. Bahkan bisa jadi, gangguan perut kembung merupakan indikasi adanya penyakit seperti masuk angin, radang lambung, sumbatan usus, dan proses pencernaan yang kurang sempurna. Biasanya, penderita kerap merasa gejala perut terasa penuh dan kencang yang terkadang diikuti dengan sering bersendawa, mual, atau bahkan muntah-muntah. Maka dari itu untuk mencegah hal ini terjadi, berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat mengakibatkan terjadinya perut kembung atau begah.

Makanan Berbumbu Pedas Makanan dengan campuran bumbu yang pedas memang dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membuat rasa lebih nikmat. Namun hati-hati, karena makanan pedas juga bisa mempengaruhi proses pencernaan dan mengakibatkan rasa panas di dalam perut. Tidak hanya karena banyaknya, namun bisa juga karena kuantitas kepedasannya.

Makanan Kemasan Berkadar Garam Tinggi
Yang dimaksud di sini adalah makanan berupa snack. Didalamnya terkandung sodium yang menyebabkan tertahannya air dan mengakibatkan lebih banyak gas yang ada di dalam perut.

Makanan Pati
Contoh makanan ini seperti pati beras, jagung, gandum, roti dan sebagainya memang bisa menyebabkan perut terasa kembung. Hal ini karena karbohidrat cukup menyita waktu untuk dicerna, sementara kita mengonsumsi karbohidrat seringkali dalam jumlah banyak
per harinya.

Kubis atau Kol
Makanan ini memang termasuk sayuran meski sebenarnya tergolong buah-buahan. Namun dalam sayuran kubis juga terdapat gas-gas yang bisa membuat perut kembung dan begah. Makanan sejenis yang dikonsumsi berlebihan bisa membuat Anda merasa kembung, bisa jadi fruktosa tidak cukup ramah untuk perut Anda. Namun tidak masalah jika Anda mengkonsumsi buah tersebut perlahan, tujuannya agar tidak cepat merasa kembung.

Gorengan
Bagi Anda yang memang gemar dengan kuliner yang satu ini memang boleh saja, karena memang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Namun sayangnya, gorengan juga bisa menyebabkan kembung. Hal ini karena minyak yang bersifat panas dan gorengan sendiri adalah bahan makanan yang seringkali terbuat dari pati tepung. Jadi, batasi mengkonsumsi gorengan agar Anda terhindar dari gas yang menumpuk di dalam perut.

Produk Susu
Di dalam susu terkandung laktosa yang bisa membuat perut kita kembung dan sering mengeluarkan gas. Hal ini biasanya disebut lactose intolerance yang mirip dengan mereka yang bermasalah dengan fruktosa.

------------

Dengan mengetahui jenis makanan dan minuman yang bisa mengakibatkan kembung ini, semoga dapat membantu Anda untuk lebih berhati-hati dalam memilih dan menentukan kuantitas makanan yang akan dikonsumsi.

2 Responses to "Makanan dan Minuman ini Dapat Mengakibatkan Perut Kembung"

- Komentarlah sesuai konten
- Untuk promosi yang lebih efektif, silahkan hubungi admin
- Jangan sertakan link hidup

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...