-->

Tips Minum Air Putih Yang Benar

tips minum air putih yang benar
popsugar.com

TipsSlide - Seperti kita ketahui bersama jika air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Anjuran untuk meminum delapan gelas air putih sehari memang sangat bermanfaat agar tubuh kita tidak kekurangan cairan. Namun perlu diketahui bersama jika minum air putih juga ada aturannya. Karena jika kita salah dalam menerapkannya, bukan manfaat yang akan kita dapat melainkan akan menyebabkan sakit. Untuk itu berikut ini saya akan bagikan tips minum air putih yang benar bagi Anda semua.

Baca juga : Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Waktu yang tepat untuk minum delapan gelas air putih

Sebenarnya Anda tidak dibatasi untuk minum air putih dalam satu harinya. Namun paling tidak dalam satu hari Anda minum air putih sebanyak delapan gelas sebagai ukuran minimal yang dianjurkan. Dan untuk waktu yang tepat untuk menerapkannya bisa Anda lihat dibawah ini :

  1. Satu gelas pertama saat bangun pagi, lebih baik sebelum sikat gigi dan sarapan.
  2. Satu gelas kedua ketika akan berangkat kerja.
  3. Satu gelas ketiga sebelum tengah hari (sekitar pukul 11.00).
  4. Satu gelas keempat setelah lewat tengah hari sekitar pukul 13.00, tepatnya 30 menit sebelum atau sesudah makan siang.
  5. Dua gelas kelima dan keenam antara pukul 14.00 hingga sore hari pukul 17.00.
  6. Satu gelas ketujuh masuk malam hari sekitar pukul 18.00 atau sejam sebelum menyantap makan malam.
  7. Satu gelas kedelapan sekitar pukul 20.00 atau beberapa saat sebelum Anda tidur malam.

Tata Cara Minum Air Yang Baik

Kedengarannya ini adalah hal yang sepele, namun sebenarnya poin ini penting untuk diketahui.

- Jangan Minum Sambil Berdiri.
Selain karena alasan etika atau kesopanan, minum sambil berdiri juga sangat membahayakan bagi kesehatan. Pasalnya, dalam tubuh manusia terdapat jaringan penyaring atau filter yang bernama sfringer. Sfringer adalah struktur maskuler (berotot) yang bekerja dengan cara membuka dan menutup.

Air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan yang terdapat di ginjal. Nah, filter penyaring ini akan terbuka disaat kita duduk dan akan tertutup jika kita berdiri. Hal ini mengakibatkan air yang kita minum tidak tersaring sempurna atau bahkan tidak sama sekali.

Jika Air itu tak tersaring, maka air yang kita minum bisa langsung menuju kandung kemih. Hal ini akan menyebabkan terjadinya pengendapan di saluran ureter.
Karena banyak limbah-limbah yang tersisa diureter, maka hal ini bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal. Penyakit ginjal yang satu ini adalah salah satu yang paling berbahaya, karena akan membuat penderitanya menjadi susah buang air kecil atau susah kencing.

- Hindari Minum Air Dalam Jumlah Berlebihan.


Poin berikutnya adalah masalah jumlah air yang diminum dalam satu waktu. Hindari minum air putih dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Anda harus ketahui jika kerja ginjal tak seperti sebuah pipa, dimana lebih banyak air maka pipa tersebut akan semakin bersih. Untuk ginjal berlaku hal sebaliknya. Semakin banyak air yang masuk dalam satu waktu, maka akan mengakibatkan kerja ginjal semakin keras. Hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan ginjal tentunya.

Efek lain dari minum air putih yang berlebihan adalah meningkatkan volume darah dan menurunnya kadar garam dalam darah.

Peningkatan volume darah akan memaksa jantung bekerja lebih keras, terlebih dengan adanya pembuluh darah yang tertutup. Sedangkan pada kondisi kadar garam rendah atau hiponatraemia, akan menyebabkan intoksikasi air dengan gejala antara lain muntah, sakit kepala, rasa lelah, mual, sering buang air kecil, dan bahkan disorientasi mental.

---------------------

Jadi mulai sekarang perhatikan konsumsi air putih Anda tiap harinya. Jangan terlalu sedikit dan jangan pula terlalu berlebihan. Disarankan delapan gelas perhari atau lebih sedikit juga tidak apa-apa, asalkan tidak berlebihan.

0 Response to "Tips Minum Air Putih Yang Benar"

Post a Comment

- Komentarlah sesuai konten
- Untuk promosi yang lebih efektif, silahkan hubungi admin
- Jangan sertakan link hidup

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...